Bukan Tentang Rei dan Kenzo

" Those who say they will do it next time is an idiots! Those who say they will do it tomorrow are also idiots! " kata kakeknya Yoshida Rei ke Iwase Ken dalam bahasa Inggris. Dialog sederhana tapi bisa membuat Iwase Ken nyadar akan suatu hal. Seharusnya dia nyatain perasaannya ke Yoshida Rei dari dulu, jadi dia gak harus ngelompatin tiap ruang waktu di masa lalu cuma buat merubah keadaannya di masa depan. Eh, tapi, emang kalau ngubah masa lalu bisa ngubah masa depan juga?

       Well, masalahnya bukan kisah cinta Kenzo-kun sama si Rei, kok. Tapi masalah yang diangkat seputar itu juga. Jangan menyia-nyiakan waktu yang ada. Kalau kita bisa ngelakuin sekarang, kenapa harus nanti-nanti?

        Ini nih masalah kebanyakan muda-mudi jaman sekarang. Eh, apa cuma gue ya? --a

       Yup, kebanyakan dari kita sering banget nunda-nunda kerjaan atau kegiatan yang harusnya bisa dilakuin saat itu juga tapi ' ah ntar lagi aja ah ' malah keluar dari mulut atau hati kita. Wah, bahaya! Kalo ntar-ntar terus, mau sampai kapan? Sampai gebetan kamu itu peka terus bilang suka juga sama kamu? *eh salah fokus*

       Pfftt.. 

       Guys, nunda-nunda pekerjaan itu hal yang sia-sia, lho. Ujung-ujungnya kita malah nyesel sendiri. Misalnya nih, lo mau ngikut Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri, udah belajar repot sana-sini, tapi nunda-nunda daftar. Pas yang lain pada daftar, lo bilang " ah besok juga bisa " sampai lama-lama lo lupa dan pas tutup pendaftaran lo baru inget dan nyesel kenapa gak dari kemarin-kemarin lo ngelakuin hal itu.

        Atau kasus lain misalnya, lo udah lama banget suka sama temen sekelas lo dari TK, SD, SMP, sampai SMA tapi lo gak bilang ke dia tentang perasaan itu karena lo ngerasa " ah ntar juga bisa " terus. Sampai akhirnya lo berdua lulus dan diterima di universitas berbeda. Lo gak pernah tau kabar dia lagi sampai 7 tahun setelahnya lo dapet kabar dia baru melahirkan anak satu dan lo masih JOMBLO. *maap setiap nulis JOMBLO, jari berasa mau neken tombol capslock terus*

        Yang ada cuma penyesalan di ujungnya, kan? Pfffttt...

       Nah maka dari itu, guys, mindset " ah ntar juga bisa, ah besok juga masih ada waktu " itu harus segera dihilangkan dari otak kita. Kalau enggak, kita bakal terus-terusan kejebak dalam zona semu nyaman dan berakhir dengan tangisan. Hmm mungkin lebih pas berakhir dengan penyesalan. Dan pasti gak mau dong, ya?

      Jadi, ada beberapa tips nih biar kita gak terus-terusan kepikiraaaaaaann~ bunga-bunga cinta bermekaraaaannnn... ~~~ Ups! Kebawa suasana iklan yang lagi ngehits nih. Xoxoxo

        So, ada beberapa tips supaya kita terlepas dari mindset buat nunda-nunda kegiatan, yaitu :

        1. Memegang teguh niat
            Kita harus mengawali segala sesuatu dengan niat. Tapi jangan lupa, kita jugaharus memegang teguh niat kita. Misalnya nih kita berencana tidur jam 10 malam karena besok mau ada wawancara kerja jam 7. Tapi karena keasikan stalking timeline doi sampai iklan dewasa muncul di tv, akhirnya niat tidur jam 10 hanya jadi wacana belaka dan besoknya lo bangun kesiangan dan jadi kurang konsen pas wawancara berlangsung. Ujung-ujungnya, nyesel kenapa gak tidur di jam yang sudah direncanakan dan malah ngelakuin hal yang demikian. Yup, gak cukup cuma bikin niat doang, lo harus megang teguh niat itu.

        2. Singkirkan gangguan
            " Jan, kamu gak belajar? " kata Emak pada Ojan yang sedang sibuk menatap layar ponselnya sambil senyum-senyum sendiri. " Iya Mak, setengah jam lagi Ojan belajar " jawabnya tanpa mengalihkan pandangannya dari layar 5' yang ada di tangannya. Sejam kemudian, Emak kembali ke kamar Ojan dan mendapati Ojan masih sibuk dengan ponselnya. " Oh mungkin si Ojan lagi nyari jawaban di gugel. " Sejam setelah itu Emak mendatangi Ojan lagi dan dia masih berkutat dengan yang katanya ponsel-pintar itu. 

            Yup, untuk memudahkan kita menjalankan niat, paling baik kalau kita menyingkirkan hal-hal yang bisa menyebabkan gangguan pada saat kita akan menjalankan suatu kegiatan. Cuy, lo udah niat banget buat ini-itu, tapi gara-gara itu-ini lo jadi nunda hal ini-itu. Please, don't waste your time for that shit.

        3. Ingat tujuan dan alasan
            Pasti, selalu ada tujuan dan alasan kenapa suatu hal bisa terjadi. Matahari diciptakan Yang Maha Kuasa supaya dunia kita terang, tumbuhan bisa berfotosintesis dan alhasil kita dapet oksigen dan bisa bernafas. Nah, apa yang akan kita kerjakan tentunya juga punya alasan dan tujuannya, kan?

              Jadi, kalau misalnya sudah niat, sudah singkirkan semua gangguan dan masih ada alasan buat nunda-nunda pekerjaan, coba inget lagi ' buat apa/siapa, gue ngelakuin ini ' dan ' kenapa gue ngelakuin ini, ya? '

        HEHEHEHE...

        Udah, ah, gue malah bingung gue lagi ngoceh apaan. Niatnya sih sharing, siapa tau berguna, ada yang baca, pernah ngalamin hal yang sama, mau komen dan berbagi saran dan munculah keajaiban sehingga kita bisa hidup bahagia selamanya. Selamanya... 


               



        

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepikiran #3 Kepikiran

What Happened to My Twenty-Seventh

Human's Emotion Over a Novel: Laut Bercerita