no change no future

Mengutip salah satu slogan dari sebuah instansi militer di Indonesia, gue berfikir. No Change No Future. Bener gak sih? Mungkin bener dan mungkin ini kenyataan.

Tanpa perubahan, yakin ada masa depan? Indonesia aja berubah, dari jaman orde lama ke orde baru, terus reformasi, sampe sekarang jadi berbasis demokrasi. Semua perubahan itu didasarkan keinginan untuk  masa depan yang lebih baik. Gak mungkin kan kita stuck di situ-situ aja tanpa perubahan. Kita butuh perubahan walau sedikit dosisnya untuk masa depan.

Seperti gue, perubahan cara fikir dan cita-cita yang ngebuat gue gak yakin sama diri sendiri. Well, gue sadar di umur gue ini harusnya gue udah bisa memutuskan sesuatu dengan fikiran yang dewasa, dengan kelogisan. Tapi , karna belum ketemunya gue sama si jati diri, akhirnya gini. Terjadi perubahan yang luarbiasa buat gue.

Sekedar info, sekarang gue lagi nempuh pendidikan setaraf SMA tapi berlandaskan kedirgantaraan. Atau gampangnya tentang penerbangan. Gak ada terlintas sedikitpun dalam benak gue sebelumnya untuk terjun kedalam dunia yang asing ini. Gue, yang mikirnya bakalan masuk SMA terus nerusin ke fakultas kedokteran+ngambil spesialis THT, malah lari kejurang ini. Aneh, tapi inilah perubahan yang gue ambil yang gue harapin berbuah masa depan yang manis kelak. Hidup gak ada perubahan gak bakalan ada tantangan. Hidup gak ada tantangan gak bakalan seru. Actually gue bukan seorang yang suka akan tantangan, tapi dengan perubahan inilah gue coba hadapin tantangan yang gue tau bakalan hadir.

Balik ke judul, Gak Ada Perubahan Gak Ada Masa Depan. Masa depan yang gue cari sebenernya gak muluk-muluk. Cukup ngehadirin kebahagiaan buat keluarga, gue, dan orang-orang disekitar gue itu udah cukup. Nah yang gue takutin langkah yang gue ambil dengan judul perubahan ini salah. Gue takut nyungsep di jalur yang salah dan gak bisa bangun lagi. Tapi kalo gue udah ngeliat semangat dan dapet semangat dari orang-orang yang peduli sama gue, itu resiko kaya tertupi kabut jadi kaya gak keliatan.

Perubahan, gue yakin dengan kelabilan gue ini gak lama lagi bakal kembali tercipta yang namanya ide untuk berubah. For example, yang awalnya gue masuk sekolah tempat gue menuntut ilmu sekarang ini punya cita-cita jadi WARA, tapi ngeliat kerennya seorang Engineer Aircraft gue jadi ngiler, belum lagi masukan tentang Air Traffic Controller yang bikin gue mikir lagi. Sebenernya bakal jadi apa gue kelak...

Yang pastinya dan intinya cita-cita itu bisa berubah setiap saat kalo lo masih labil, bukan berarti pengambil perubahan itu orang yang labil, tapi orang yang terlalu sering mengambil perubahanlah yang bisa dikatakan demikian. Perubahan, artikan sebagai hal yang positif. Banyak hal dan kejadian penting itu awalnya dari perubahan yang kadang gak disangka. Jadi, untuk yang udah terlanjur ngambil perubahan yang modelnya kaya gue, jangan pasrah. Kita nikmatin aja perubahan yang udah kita putuskan dan lakukan yang terbaik untuk perubahan itu. Karna sesungguhnya perlakuan terbaik dan kesungguhanlah yang menjadi faktor  ada perubahan ada masa depan. Hmm sekian tentang Perubahan yang gue kilas dengan gak jelas mungkin hoho

Salam Sada Roha

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepikiran #3 Kepikiran

What Happened to My Twenty-Seventh

Human's Emotion Over a Novel: Laut Bercerita