Identitas

Halo..

Hehehe..

Sekarang-sekarang ini harusnya gua lagi menyibukkan diri buat belajar untuk satu hal yang dulu gua pengen banget. Eh giliran waktunya tiba, malah tidak ada semangat dan kemauan yang kuat buat menggapainya. 

((paan banget))

Jadi, gua meluangkan waktu dulu sejenak untuk menulis tentang hal yang belakangan kepikiran.

Identitas.

 

Kalau kata Wiki, Identity is the qualities, beliefs, personality traits, appearance, and/or expressions that characterize a person or a group.

Luas banget yah jangkauan identitas tuh. Yang ngebentuk identitas seseorang juga beragam. Ada kepercayaan, gender, pekerjaan, dan kebiasaan-kebiasaan. Tapi somehow, kadang identitas dilihat dari pekerjaan yang lagi diemban. 

Salah satunya gua.

Beberapa waktu lalu, udah agak lama sih, gua iseng cek app get-contact buat lihat orang-orang save nama gua apa sih? Agak kurang kerjaan, ya. Tapi yadah, meluncurlah gua di sana.

Kebanyakan orang simpan nama gua, for sure, Derra + pekerjaan + tempat kerja gua.

Jarang yang cuma nama aja, atau paling banter nama sama asal sekolah dulu, itupun jarang.

Kemudian gua sadar, saat ini ya gua dikenal sebagai Derra, seorang xx officer, di perusahaan xxx.

Itulah identitas gua.


Lalu, suatu hari yang lain, gua ngobrol sama ayah tentang persiapan blio menyambut hari-hari pensiunnya. Karena dalam beberapa bulan lagi, blio akan resmi menyandang status tanpa pekerjaan itu.

"Jadi gimana, yah, rasanya mau pensiun?"

"Ya gini, ngah, seneng ada karena akhirnya istirahat, tapi ya sedih juga, tiba-tiba hilang identitas, jadi pengangguran."

 

Jadi makin kepikiran, ternyata memang salah satu yang ngebentuk identitas kita tuh ya pekerjaan kita. 

Kecuali, kalau kita punya kehidupan selain di pekerjaan mungkin ya.

Misalnya, Derra Club Renang Tadika Mesra, atau Derra pecinta capibara, atau misalnya banget nih Derra Bentang Pustaka (tiba-tiba jadi penulis).

 

Makanya kebayang.. someday, kalau gua resign dari kerjaan yang sekarang, gua bakal dikenal orang sebagai apa ya? 



---


Identity itself not only built by a question 'what's your job', but your job is part of your identity.

Halah apa sih, der.. wkwk

Dah, bubye.


Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepikiran #3 Kepikiran

What Happened to My Twenty-Seventh

Human's Emotion Over a Novel: Laut Bercerita