Gomawo, Angkatan Sebelas


      Sooooo, hari ini adalah hari terakhir anak-anak span angkatan 11 ada di hanggar, tempat aku kerja. Ini rada bingung ya, mau nyebut diri sendiri ‘saya’, ‘aku’, ‘gua’ atau ‘eike’ saking lamanya gak nulis buat blog. Atau ‘adinda’ aja gitu? Hehehe

      Sebenarnya, tujuan nulis kali ini semacam ada perasaan senang lihat adik-adik dari sekolah tempat aku dulu belajar. Almamater yang sama, derita yang mungkin hampir mirip, umur yang gak jauh beda, cuma beda warna seragam aja nih sama jamanku dulu. Eh tapi, cuma selisih empat tahun sih.

        Dua malam sebelumnya, alumni dan anak-anak angkatan 11 ngumpul buat makan-makan. Kita bakar-bakar ayam, masak nasi banyak, bikin es sirup dan lainnya. Ini gak penting banget ya diceritain? Biasanya makan-makan kan emang gitu, Der. Uwak-uwak jual pulsa juga tau kali beginian. Terus, sampai waktunya makan, mereka makan duluan karena ruangan terbatas. Melihat mereka makan bareng, yang dimulai pakai kata “duduk siap” sampai ada ucapan “selamat makan” yang bersamaan dengan lantang, menarik pikiranku ke ruang nostalgia.

        Jadi ingat waktu kelas 1, angkatan enam yang kepalanya masih botak-botak, badan masih kurus-kurus, ada juga yang sedikit ‘endut’, sekitar jam 6.30 sudah ada di ruang kelas dengan posisi badan tegap dengan nasi bungkus di hadapan. “Hitungan ke 5 nasi sudah habis” kata senior yang mengawasi makan. Senior menghitung perlahan tapi cepat (?). Kami pun tak mau kalah cepat dari hitungan senior. Walaupun pada akhirnya 5 hitungan tadi selesai lebih cepat daripada waktu kami mengunyah. Hah apalagi aku yang kebiasaan makan hampir setengah jam kalau di rumah. Tapi kami tak punya pilihan lain, kecuali saling menolong menghabiskan makanan. Oh, betapa aku berterima kasih pada teman-teman yang punya lambung besar dan kecepatan yang luarbiasa dalam mencerna makanan.

       Banyak sekali pengalaman makan bersama dengan waktu yang super cepat. Sampai-sampai kalau dijabarin satu-satu tiap pengalaman makan yang modelnya macam gini, bakal bikin karya tulis sendiri mungkin. Dan kayanya ini sih, bukan hal yang aneh kalau sekolah di sekolah yang semi-militer.

        Terus malam itu, dua adik kelas yang perempuan, pakai baju yang sama. “Eh ini kalian belinya barengan?” tanyaku heran. “Iya, kak, orang itu beli dua gratis satu” jawab anak perempuan lain, teman mereka. Aku cuma senyum, aku kira yang beginian udah gak jaman lagi. Beli baju samaan terus dipake barengan. Kaya aku, Nyak sama Rina dulu, masih kelas 1. Baju gambar vespa, warna abu-abu. Nyak gambar vespanya cuma satu tapi gede. Rina vespanya dua, ukuran grande eh sedang. Aku punya banyak vespa kecil-kecil nempel di baju. Dan jadilah disebut trio vespa sama anak-anak lain. Ehehehe

Cuma jadi penasaran, mereka berenam pernah gak ya ngerasain suka sama senior kaya aku dulu? Hehehe.

Skip.

Hadeh.

Terdengar lantunan lagu Anak Sekolah-Chrisye.

        Wah, aku tuh harus berterima kasih sama anak-anak angkatan sebelas. Karena mereka aku jadi senang, jadi ingat masa-masa lucu jaman sekolah, masa-masa capek jalan jongkok, tumbling, push-up tiap hari, dimarahin senior, apel pagi, apel malam, jam enam pagi naikin bendera, jam enam sore turunin bendera, lihat senior kesukaan yang jahil, atau senior lain yang gemesin. Loh loh loh gak gini maksudnya.

Memori masa muda yang menggembirakan, mari kita tutup dengan lagu Selepas Kau Pergi – Laluna.

Bareng beberapa anak angkatan 11

Pose abis kaget dipeluk tiba-tiba



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepikiran #3 Kepikiran

What Happened to My Twenty-Seventh

Human's Emotion Over a Novel: Laut Bercerita