Awal Mula



            “Woy Dan! Lanjut!” seru Utun dari bangku penonton. Utun menangkap wajah kesal Danu akibat Gilang-teman sepermainannya-meninggalkan permainan mereka karena seorang gadis cantik yang sedang jadi incaran Gilang. Gilang memang lagi jatuh cinta sejatuh-jatuhnya, hingga rela meninggalkan lapangan basket dan berjalan menuju gadis itu terarah.
            Danu melambaikan tangan ke arah Utun lalu berlari dan melanjutkan permainan. Utun membalas dengan sebuah senyuman lebar. Tertangkap di mata Utun, Gilang si pendiam sok cool itu sudah duduk di samping sang gadis. Beberapa detik berlalu, sang gadis akhirnya menyadari kehadiran Gilang dan mereka mulai mengobrol. Ah, si pendiam itu bisa juga deketin perempuan, pikir Utun.
~~~
            “Dan, cewek tadi gebetan si Gilang?” tanya Utun pada Danu penasaran.
            “Apa-aaan?” tanya Danu balik.
            “Cewek tadi gebetan si Gilang?”
            “Gak kedengeran! Nanti aja”
            “Ye si Danu mah. Masa gak kedengeran. Kebiasaan nih kalau lagi pake helm mah suka gak denger” kata Utun dalam hati.
            Motor berbelok memasuki area pengisian bahan bakar.
            “Lu ngomong apaan tadi? Kebiasaan kalo lagi di motor jangan nanya-nanya dulu. Gak kedengeran” tanya Danu ketika mereka telah berhenti dan menunggu antrian pengisian bahan bakar.
            “Ah lu, gitu aja gak denger” jawab Utun seenaknya.
            “Utuna Napapa.. gua kan pake helm dan anginnya kenceng jadi gua susah denger apa yang lu bilang, lagian nih ya seorang pengemudi yang baik harus konsentrasi ketika mengemudi. Biar aman..” Danu menjelaskan.
            “Padahal udah sering kejadian, masih aja keulang. Suka gak sabar mau ngobrol sama gua, ya?” lanjut Danu menggoda.
            “Woy maju woy” teriak seseorang dari arah belakang motor mereka.
            “Eh iya mas maaf hehehe” kata Danu meminta maaf lalu mendorong sepeda motornya ke arah depan. Ternyata beberapa motor di depan mereka sudah berlalu dari tadi. Utun tahu sebenarnya, tapi sengaja diam dan mendengarkan Danu berbicara hingga selesai lalu ditegur oleh orang tadi.
             “Lu kenapa gak bilang kalo udah giliran kita?” tanya Danu setelah membayar sejumlah uang ke petugas pengisi bahan bakar dan menjalankan motornya perlahan. Tapi Utun diam saja walau berkali-kali Danu memanggilnya. Dia masih diam hingga mereka sampai di depan rumah Utun dan Danu mematikan mesin sepeda motornya.
            “Ah sampe juga.. Alhamdulillah” kata Utun sembari turun dari boncengan. Baru saja Danu ingin mengomel, Utun sudah menutup mulut Danu dengan tangan kanannya. “Ssst tenang dulu, kata Pidi Baiq cuma itu caranya untuk tetap tenang” lanjut Utun dan ketika raut wajah Danu berubah lebih baik, ia baru melepaskan tangannya.
            “Tadikan lu lagi ngasih penjelasan, jadi gua harus dengerin secara seksama sampai lu selesai. Sebenernya nih, ya, lu itu beruntung. Itu kalo di sinetron-sinetron, susah banget lho mau ngejelasin sesuatu. Hehehe..”
            “Ta-tapi-kan.. “
            “Ssst.. Terus tadi kenapa gua gak jawab pas lu panggil di motor, karena gua tau lu butuh konsentrasi yang tinggi saat mengemudi. Kurang pengertian apa coba gua sebagai seorang teman. Hehehehe.. “ lanjut Utun.
            “I-iya juga sih.. “
            “Oh terus gua mau nanya tadi, itu tadi gebetannya si Gilang?” tanya Utun penasaran. “Iya, namanya Bintang. Masa lu gak kenal sih sama tuh cewek?” Danu balik bertanya. “Mukanya gak asing sih, tapi ya namanya beda kelas..” jawab Utun. “Ah tapi pada akhirnya setelah 17 tahun menjomblo, si Gilang punya pacar juga.. Alhamdulillah dia normal ya Allah” lanjut Utun sambil menengadahkan tangan lalu mengusap wajahnya dengan kedua tangannya itu.
            “Boro-boro pacaran..
            Lu tau, kan, si Gilang diemnya sama cewek kaya gimana? Cuma sama lu sama Yara aja dia bisa ‘agak’ terbuka” kata Danu menjelaskan.
            “Lha terus? Belum ada progress, gitu?”
            “Not yet..”
            “Ah, kalau gini ceritanya.. Utuna Napapa mesti bertindak! Makasih Danu tuampan!”
            “Eh lu mau ngapain?” tanya Danu yang melihat Utun malah berjalan menjauhinya dan masuk ke dalam pekarangan rumah.
            “Mau masuk ke dalem, terus istirahat. Lu mau ngapain?” Utun balik bertanya.
            “Yeh gua kirain masih mau ngobrol, taunya gua ditinggalin. Yaudah gua cabut dah” jawab Danu tak habis pikir. Dia kembali menaiki motornya dan menyalakan mesin motor tersebut.
            “Enggak, udah beres. Besok lagi biar ada bahan” kata Utun agak berteriak.
            “Yeh dasar.. Assalamualaikum!”
            “Wa alaikum salam. Dah Tuampaaaannn”
            Danu hanya menggelengkan kepalanya ketika melihat Utun tersenyum lebar sambil memanggilnya ‘tuampan’. Segera ia melajukan sepeda motornya dan hilang dari pandangan Utun.
            Lalu hati Utun bergumam sendiri.
            Jadi, bocah pendiam itu akhirnya punya gebetan, ya..
Menarik.
             

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepikiran #3 Kepikiran

What Happened to My Twenty-Seventh

Human's Emotion Over a Novel: Laut Bercerita