type jet engine


Actually gue ngepost ini bukan karena gue ahli dibidang ini, tapi ini back-up gue kalo-kalo flashdisk bervirus gue gak bisa ngebuka file ini pas dilaptop gue sendiri. Ini adalah pr gue tentang mapel propulsi dan belum slesai, ntar-ntar kalo udah beres gue rangku,in biar bisa bagi-bagi ilmu hehehe


powerplants jenis turbin gas untuk pesawat yang banyak dan beragam, dan mereka diproduksi dalam berbagai ukuran. referensi telah dibuat untuk konfigurasi utama: turbojet, turbofan, turboprop, dan turboshaft mesin. ini, pada gilirannya, dapat dibagi sesuai dengan pengaturan desain dan internal komponen mereka.

1. turbojet
jika gas mesin pesawat turbin hanya menggunakan dorong dikembangkan dalam mesin untuk menghasilkan tenaga pendorong nya, itu adalah turbojet mirip dengan mesin khas dijelaskan sebelumnya. karena mereka tidak memiliki fitur tambahan seperti kipas angin, baling-baling, atau turbin gratis, turbojet kadang-kadang disebut sebagai jet lurus. ada dua jenis turbojet, jenis aliran sentrifugal kompresor dan jenis aliran aksial kompresor. baik mungkin memiliki satu atau lebih kompresor, dan dalam beberapa mesin kedua kompresor sentrifugal dan kompresor aliran aksial digabungkan.

kecuali di Jerman, desain kompresor sentrifugal adalah standar selama bertahun-tahun karena ini adalah jenis yang sebagian besar desainer tahu bagaimana cara terbaik untuk membangun. comprssors sentrifugal beroperasi dengan takingair ke dalam mesin dekat pusat kompresor di depan mesin. udara ini kemudian diputar dengan kecepatan tinggi dengan impeller sebuah. angkatan udara carriesthe sentrifugal untuk perimeter impeller dan meningkatkan tekanan total. udara adalah dikumpulkan oleh diffuser yang mengubah tekanan total tekanan statis. dari diffuser, udara yang menyebabkan manifold yang feed ke serangkaian ruang pembakaran individu, seperti yang akan ditampilkan secara lebih rinci dalam bagian 3.

para turbojet kompresor sentrifugal awal adalah (dan masih) baik handal dan sederhana. Namun demikian, jumlah dorong mereka dapat menghasilkan terbatas karena rasio kompresi maksimum bahwa kompresor sentrifugal dapat mencapai tidak terlalu tinggi.
kompresor sentrifugal yang digunakan saat ini dalam hubungannya dengan kompresor aliran aksial dalam beberapa turboprop yang sangat halus dan mesin turboshaft, contoh yang merupakan PT6 dan ST6, yang akan dibahas kemudian. desain peningkatan mesin ini memberikan mereka efisiensi over-semua operasi yang jauh lebih unggul dengan yang dari turbojet kompresor sentrifugal dari beberapa tahun yang lalu.

besar, turbojet kinerja tinggi dan turbofan membutuhkan efisiensi dan ratos kompresi yang lebih tinggi yang dapat diperoleh hanya dengan kompresor aliran aksial. kompresor aliran aksial memiliki keuntungan tambahan yang memungkinkan mesin untuk memiliki area frontal kecil. baik kompresor tunggal atau kompresor ganda dapat digunakan. hasil jenis terakhir dalam efisiensi kompresor sangat tinggi, rasio kompresor, dan dorong. dalam mesin kompresor ganda, satu atau lebih tahap turbin menggerakan kompresor tekanan rendah, sementara, terpisah satu atau dua-tahap turbin menggerakkan kompresor tekanan tinggi. kedua sistem rotor beroperasi secara independen dari satu sama lain kecuali untuk aliran udara. perakitan turbin untuk kompresor tekanan rendah adalah unit turbin belakang. ini set turbin dihubungkan ke kompresor, tekanan rendah maju dengan poros yang melewati pusat berongga dari kompresor tekanan tinggi dan poros turbin drive.
konfigurasi kompresor ganda sering disebut dual-rotor, dua-spool, atau twin-spool mesin. istilah, kompresor split, juga kadang-kadang terdengar. dengan cara yang sama, para turbojet kompresor tunggal sering disebut mesin tunggal-rotor atau single-spool.
karena efisiensi turbojet yang ditopang pada ketinggian tinggi dan kecepatan udara, mesin jenis ini baik suired untuk terbang tinggi pesawat, kecepatan tinggi yang beroperasi pada rentang yang cukup untuk melakukan pendakian ke ketinggian operasi terbaik bernilai sementara. namun, baik karena mereka adalah ketinggian optimal, dorong tinggi pada kecepatan rendah bukanlah karakteristik turbojet. untuk menjadi yang terbaik mereka, turbojet membutuhkan tekanan ram udara pada inlet mereka yang datang hanya dengan kecepatan yang cukup maju. turbojet pesawat bertenaga karena itu perlu landasan pacu yang panjang untuk tinggal landas.

2. turboprop dan turboshaft
ketika gas buang dari bagian dasar dari sebuah turbojet (sering disebut generator gas) yang digunakan untuk memutar turbin tambahan yang mendorong baling-baling melalui sistem gera-mengurangi kecepatan, mesin turboprop menjadi sebuah. yang biritish dan beberapa penerbangan komersial menyebutnya seperti pesawat jet berbaling-baling mesin.
dalam beberapa turboprops, tahap turbin tambahan yang tergabung dalam perakitan turbin yang berputar kompresor. daya tambahan yang dihasilkan mendorong pengurangan gearing baling-baling langsung dari drive shaft kompresor. mesin jenis ini dikenal sebagai turboprop penggerak langsung

turbin bebas tergabung dalam turboprop paling modern. turbin ini adalah independen dari kompresor-drive turbin, dan bebas berputar dengan sendirinya dalam aliran gas buang mesin gas. poros di mana turbin bebas dipasang mendorong baling-baling melalui sistem reduksi propeller gigi
lain konfigurasi turboprop turbin bebas memiliki udara belakang-ke-depan agak tidak konvensional dan arah aliran gas. kompresor adalah kombinasi aksial dan desain centrifugall aliran. contoh yang sangat baik seperti mesin adalah PT6 diproduksi oleh pesawat bersatu canada terbatas.

PT6 adalah, ringan mesin turbin bebas mengembangkan 600-1000 shp, tergantung pada model tertentu. mesin ini memiliki 2 independen, counter-rotating turbin. satu turbin drive kompresor, sementara yang lain mendorong proprller melalui gearbox reduksi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kepikiran #3 Kepikiran

What Happened to My Twenty-Seventh

Human's Emotion Over a Novel: Laut Bercerita