type jet engine
Actually gue ngepost ini bukan karena gue ahli dibidang ini, tapi ini back-up gue kalo-kalo flashdisk bervirus gue gak bisa ngebuka file ini pas dilaptop gue sendiri. Ini adalah pr gue tentang mapel propulsi dan belum slesai, ntar-ntar kalo udah beres gue rangku,in biar bisa bagi-bagi ilmu hehehe
powerplants jenis turbin gas untuk pesawat yang banyak dan
beragam, dan mereka diproduksi dalam berbagai ukuran. referensi telah dibuat
untuk konfigurasi utama: turbojet, turbofan, turboprop, dan turboshaft mesin.
ini, pada gilirannya, dapat dibagi sesuai dengan pengaturan desain dan internal
komponen mereka.
1. turbojet
jika gas mesin pesawat turbin hanya menggunakan dorong
dikembangkan dalam mesin untuk menghasilkan tenaga pendorong nya, itu adalah
turbojet mirip dengan mesin khas dijelaskan sebelumnya. karena mereka tidak
memiliki fitur tambahan seperti kipas angin, baling-baling, atau turbin gratis,
turbojet kadang-kadang disebut sebagai jet lurus. ada dua jenis turbojet, jenis
aliran sentrifugal kompresor dan jenis aliran aksial kompresor. baik mungkin
memiliki satu atau lebih kompresor, dan dalam beberapa mesin kedua kompresor
sentrifugal dan kompresor aliran aksial digabungkan.
kecuali di Jerman, desain kompresor sentrifugal adalah
standar selama bertahun-tahun karena ini adalah jenis yang sebagian besar
desainer tahu bagaimana cara terbaik untuk membangun. comprssors sentrifugal
beroperasi dengan takingair ke dalam mesin dekat pusat kompresor di depan
mesin. udara ini kemudian diputar dengan kecepatan tinggi dengan impeller
sebuah. angkatan udara carriesthe sentrifugal untuk perimeter impeller dan
meningkatkan tekanan total. udara adalah dikumpulkan oleh diffuser yang
mengubah tekanan total tekanan statis. dari diffuser, udara yang menyebabkan
manifold yang feed ke serangkaian ruang pembakaran individu, seperti yang akan
ditampilkan secara lebih rinci dalam bagian 3.
para turbojet kompresor sentrifugal awal adalah (dan masih)
baik handal dan sederhana. Namun demikian, jumlah dorong mereka dapat
menghasilkan terbatas karena rasio kompresi maksimum bahwa kompresor
sentrifugal dapat mencapai tidak terlalu tinggi.
kompresor sentrifugal yang digunakan saat ini dalam
hubungannya dengan kompresor aliran aksial dalam beberapa turboprop yang sangat
halus dan mesin turboshaft, contoh yang merupakan PT6 dan ST6, yang akan
dibahas kemudian. desain peningkatan mesin ini memberikan mereka efisiensi
over-semua operasi yang jauh lebih unggul dengan yang dari turbojet kompresor
sentrifugal dari beberapa tahun yang lalu.
besar, turbojet kinerja tinggi dan turbofan membutuhkan
efisiensi dan ratos kompresi yang lebih tinggi yang dapat diperoleh hanya
dengan kompresor aliran aksial. kompresor aliran aksial memiliki keuntungan
tambahan yang memungkinkan mesin untuk memiliki area frontal kecil. baik
kompresor tunggal atau kompresor ganda dapat digunakan. hasil jenis terakhir
dalam efisiensi kompresor sangat tinggi, rasio kompresor, dan dorong. dalam
mesin kompresor ganda, satu atau lebih tahap turbin menggerakan kompresor
tekanan rendah, sementara, terpisah satu atau dua-tahap turbin menggerakkan
kompresor tekanan tinggi. kedua sistem rotor beroperasi secara independen dari
satu sama lain kecuali untuk aliran udara. perakitan turbin untuk kompresor
tekanan rendah adalah unit turbin belakang. ini set turbin dihubungkan ke
kompresor, tekanan rendah maju dengan poros yang melewati pusat berongga dari
kompresor tekanan tinggi dan poros turbin drive.
konfigurasi kompresor ganda sering disebut dual-rotor,
dua-spool, atau twin-spool mesin. istilah, kompresor split, juga kadang-kadang
terdengar. dengan cara yang sama, para turbojet kompresor tunggal sering
disebut mesin tunggal-rotor atau single-spool.
karena efisiensi turbojet yang ditopang pada ketinggian
tinggi dan kecepatan udara, mesin jenis ini baik suired untuk terbang tinggi
pesawat, kecepatan tinggi yang beroperasi pada rentang yang cukup untuk
melakukan pendakian ke ketinggian operasi terbaik bernilai sementara. namun,
baik karena mereka adalah ketinggian optimal, dorong tinggi pada kecepatan
rendah bukanlah karakteristik turbojet. untuk menjadi yang terbaik mereka,
turbojet membutuhkan tekanan ram udara pada inlet mereka yang datang hanya
dengan kecepatan yang cukup maju. turbojet pesawat bertenaga karena itu perlu
landasan pacu yang panjang untuk tinggal landas.
2. turboprop dan turboshaft
ketika gas buang dari bagian dasar dari sebuah turbojet
(sering disebut generator gas) yang digunakan untuk memutar turbin tambahan
yang mendorong baling-baling melalui sistem gera-mengurangi kecepatan, mesin
turboprop menjadi sebuah. yang biritish dan beberapa penerbangan komersial
menyebutnya seperti pesawat jet berbaling-baling mesin.
dalam beberapa turboprops, tahap turbin tambahan yang
tergabung dalam perakitan turbin yang berputar kompresor. daya tambahan yang
dihasilkan mendorong pengurangan gearing baling-baling langsung dari drive
shaft kompresor. mesin jenis ini dikenal sebagai turboprop penggerak langsung
turbin bebas tergabung dalam turboprop paling modern. turbin
ini adalah independen dari kompresor-drive turbin, dan bebas berputar dengan
sendirinya dalam aliran gas buang mesin gas. poros di mana turbin bebas
dipasang mendorong baling-baling melalui sistem reduksi propeller gigi
lain konfigurasi turboprop turbin bebas memiliki udara
belakang-ke-depan agak tidak konvensional dan arah aliran gas. kompresor adalah
kombinasi aksial dan desain centrifugall aliran. contoh yang sangat baik
seperti mesin adalah PT6 diproduksi oleh pesawat bersatu canada terbatas.
PT6 adalah, ringan mesin turbin bebas mengembangkan 600-1000
shp, tergantung pada model tertentu. mesin ini memiliki 2 independen,
counter-rotating turbin. satu turbin drive kompresor, sementara yang lain
mendorong proprller melalui gearbox reduksi.
Komentar
Posting Komentar